Selamat Datang di Blog Kami

Wellcome

16 July 2013

perbedaan CDI limit dan non limit (Standar) & Busi Iridium Buat Harian??? Kenapa Tidak

CDI non limiter sebenarnya tetap ada limiternya, cuman limiternya lebih tinggi bro.. kyk B*T tetep ada limiter, limiternya sampe 21000rpm.. sedangkan motor jarang ada yang sampe segitu, motoGP aja sampe 18000rpm, mau lebih getaran terasa bgt.... kalo MX pengen kenceng biaya murmer tetep standart ganti pake CDI mio, lgs PnP, cuman perlu set ulang timing aja....cdi MX cuman sampe 9000rpm, mio sampe ke 11000rpm. banyak yg aplikasikan ini...

Busi Iridium Buat Harian??? Kenapa Tidak


Bagi masbro yang doyan otak atik motor apalagi yang suka mengeksplore power mesin pasti sudah tak asing lagi dengan komponen yang satu ini,ya busi iridium komponen pemantik api yang tergolong premium yang harganya berkisar 80rb sampai 120rbuan, busi iridium mampu mendongkrak power maupun Torsi.
Untuk pemakaian buat road race maupun drag pasti harga mahal seperti ini pun bisa ditebus untuk pembakaran yang sempurna sehingga tunggangan pun lari tunggang langgang ngacir gak karuan tapi untuk harian apa bisa apalagi dengan keadaan mesin standar apakah bisa??? jawabanya bisa masbro caranya sebenernya gampang saja hanya sedikit membuka putaran setelan angin dikarbu dan gak usah otak atik pilot jet maupun main jet, agak dibuka agar suplai udara masuk lebih banyak. cukup setelan aja sederhana bukan??
Nah gimana kalo tidak mengubah setingan angin??? ini akibatnya
karbon fouling
Karena jika tanpa mengubah setingan angin,didalam ruang bakar maka akan terjadi pembakaran yang terlalu rich dan lama kelamaan akan mengakibatkan tumpukan karbon pada batang elektroda. nah dengan penyetelan setingan angin gak akan ngurangi power kok malahan lebih irit BBM, harga mahal bagi sebagian orang yang doyan gaspol tunggangannya gak masalah kan yang penting bisa ngegas sampai grip mentok.
Sebelum membeli Busi iridium pastikan spek busi motor maksudnya tingkat kepanasannya busi iridium maupun ulirnya sama dengan busi standar karena tipe busi setiap mesin beda beda.
Perlu diperhatikan lagi jika motor masbro menggunakan perangkat digital seperti piranti injeksi maupun speedometer digital dll harus menggunakan tipe busi jika NGK harus ada kode R didalam misal CR8IEX jika Denso harus ada kode U misal IU24 kode R maupun U tersebuat adalah kode busi yang didalam busi terdapat resistor yang berguna untuk  menghindari gangguan piranti digital dari busi(berlaku juga untuk busi platinum maupun standar), adapun kesetaraan tingkat panas antara NGK dan Denso sebagai berikut
NGK                       DENSO
6                                     20
7                                      22
8                                      24
9                                      26
Jika masbro binggung tipe busi iridium yang akan dibeli silahkan komentari.
Semoga membantu…..(Neo SS)

Sumber : 
http://skullsmokers.wordpress.com/2011/06/10/busi-iridium-buat-harian-kenapa-tidak/

No comments:

Post a Comment

ads ads ads ads